Wirelless dan Mobile Computing

Pengertian

Mobile=Dapat berpindah-pindah

Wireless=Tanpa Kabel

Pada saat ini mobile dan wireless sudah terkompilasi dalam satu device.
Teknologi Wireless
Perangkat wireless adalah perangkat yang dapat melakukan komunikasi tanpa kabel(nirkabel),namun juga bisa berkomunikasi dengan perangkat lain.
Contohnya adalah sebagai berikut :
1.    PDA(telepon selular dan smartphones)
2.    Wireless Application Protocol (WAP) adalah suatu protokol yang digunakan dalam wireless mobile.WAP memiliki keterbatasan display, koneksi bandwidth rendah dan memori minimal untuk mengakses web-based informasi dan layanan.
3.     Microbrowsers adalah internet browser dengan ukuran file kecil yang dapat bekerja dalam low-memory  dan bandwidth yang rendah dari jaringan nirkabel.contohnya adalah opera mini,google crome,Mozilla firefox.
4.    Pager adalah sistem pesan  satu arah, nirkabel, yang cukup popular di tahun 90’an.
Sistem Transmisi dalam teknologi wireless
1.      Sistem transmisi microwave
Sistem transmisi microwave banyak digunakan untuk volume tinggi, komunikasi jarak jauh, point-to-point.
Point-to-point memiliki dua karakteristik: pertama, pemancar dan penerima harus dalam pandangan satu sama lain (disebut line-of-sight), dan kedua, transmisi itu sendiri harus diarahkan dari pemancar ke penerima.
2.      Satelit
Sistem transmisi satelit menggunakan satelit komunikasi, tiga jenis satelit, masing-masing dalam  orbit  yang berbeda:
-  Geostationary (GEO)
mengorbit 22.300 mil tepat di atas khatulistiwa dan mempertahankan posisi tetap, baik untuk sinyal TV.
-  Medium-earth-orbit (MEO)

Terletak 6.000 mil di atas permukaan bumi dan bergerak, digunakan untuk GPS dan lebih murah.
-  Low-earth-orbit (LEO) Terletak 400 sampai 700 mil di atas permukaan dan bergerak lebih cepat sehingga mereka memerlukan banyak memiliki cakupan yang memadai, penggunaan untuk telepon.

1.      Footprint
Footprint adalah luas permukaan bumi dicapai oleh transmisi satelit – mengatasi keterbatasan stasiun relay microwave data.
2.      Broadcast Transmision
Mentransmisikan ke banyak perangkat dalam satu waktu
3.      Propagation delay
Suatu rentan waktu yang muncul akibat transmisi dari satelit ke bumi
Global Positioning Systems
1.      GPS adalah sistem nirkabel yang menggunakan satelit untuk memungkinkan pengguna untuk menentukan posisi mereka di mana saja di bumi, didukung oleh 24 satelit bersama di seluruh dunia.
(minimal 3 satelit)
2.      Asisted GPS adalah sistem nirkabel yang menggunakan provider selular untuk memungkinkan pengguna untuk menentukan posisi mereka di mana saja di bumi.
Internet over Satellite (IOS)
IOS memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet melalui satelit GEO dari perangkat yang  dipasang pada sisi rumah mereka.
Radio
1.      Transmisi radio menggunakan gelombang radio frekuensi untuk mengirim data secara langsung antara pemancar dan penerima.
2.      Satellite Radio (radio digital) menawarkan terganggu, dekat CD musik berkualitas yang dikirim ke radio dari ruang angkasa. (XM radio satelit menggunakan GEO, Sirius menggunakan MEO)
3.      infrared adalah lampu merah yang tidak biasa terlihat mata manusia, penggunaan umum dalam unit remote control untuk TV, VCR, DVD, CD player.
Bluetooth
Bluetooth atau Personal Area network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer (misalnya, telepon, PDA, ponsel pintar) dekat satu orang dan dapat menghubungkan hingga 8 perangkat dalam area 10 meter menggunakan komunikasi daya rendah, berbasis gelombang radio dan dapat mengirimkan hingga 1 Mbps.
Zigbee
Zigbee menargetkan aplikasi yang membutuhkan tingkat komunikasi data rendah dan konsumsi daya rendah:
1.    memindahkan data hanya seperempat secepat Bluetooth;
2.    Dapat menangani ratusan perangkat sekaligus;
3.    Aplikasi yang paling menjanjikan adalah meter reading..
4.    Fokus saat ini adalah untuk menghubungkan sensor nirkabel yang tertanam dalam kontrol industri, peralatan medis, alarm asap dan penyusup dan bangunan dan rumah robot.
Wireless Local Area Networks (WLANs)
WLAN memerlukan pemancar dengan antena, yang disebut titik akses nirkabel, yang menghubungkan ke LAN kabel atau piring satelit yang menyediakan koneksi internet.
Wireless network interface card (NIC) yang diperlukan untuk berkomunikasi secara nirkabel dan memiliki radio built-in dan antena.
Hotspot titik akses nirkabel yang menyediakan layanan ke sejumlah pengguna dalam perimeter geografis yang kecil (hingga seratus meter beberapa).
Permasalahan Pada Teknologi Wi-Fi
-  Roaming – pengguna tidak dapat menjelajah dari hotspot yang satu ke hotspotyang lain jika hotspot menggunakan layanan jaringan Wi-Fi yang berbeda.
-  Security- karena Wi-Fi menggunakan gelombang radio, maka lemah terhadap kejahatan.
-  Cost- layanan komersial Wi-Fi adalah berbayar dan tidak gratis.

Sumber :
http://blogs.uajy.ac.id/felixadekristiawan/2012/11/17/wireless-mobile-computing-and-mobile-commerce/



JAVA dan J2ME
Definisi Java dari Sun adalah suatu nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada computer standalone ataupun pada lingkungan jaringan (multiuser).
Java2 adalah generasi kedua dari java platform (generasi awalnya adalah JDK, Java Developer Kit).
Java berdiri di atas sebuah mesin interpreter yang diberi nama Java Virtual Machine (JVM). JVM inilah yang akan membaca bycode dalam file .class dari suatu program sebagai representasi langsung program yang  berisi bahasa mesin.
Java disebut sebagai bahasa pemrograman yang portable, karena dapat dijalankan multiplatform, asalkan terdapat JVM.
Platform JAVA terdiri dari kumpulan library, JVM, kelas-kelas loader yang dipack dalam sebuah lingkungan rutin java, dan sebuah kompiler, debugger dan kelas lain yang dipaket dalam JDK (Java Developer Kit).
Agar sebuah program Java dapat dijalankan, maka file dengan ekstensi .java harus dikompilasi menjadi file bytecode. Untuk menjalankan bytecode dibutuhkan JRE (Java Runtime Environment), yang  memungkinkan user untuk menjalankan program java (hanya menjalankan program  java, tidak untuk membuat kode baru lagi).
Itu sedikit materi pengenalan tentang JAVA, Untuk lebih jelas dan lebih lengkapnya materi tentang JAVA dan J2ME anda dapat mengunduh file materinya DISINI
SEMOGA BERMANFAAT (^_^)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wirelless dan Mobile Computing"

Post a Comment